Adas (Pimpinella anisum )

Adas

Nama Latin Adas Foeniculum vulgare Miller

Informasi  tentang ADAS :

Nama Lokal :

Biji Adas  di Sunda :  Hades

Biji Adas  di Jawa : Adas, adas londa, adas landi

Biji Adas  di    Bali : Adhas (Madura), adas (Bali)

Biji Adas  di    daerah Sumba : wala wunga

Biji Adas  di   Aceh / sumatera :D as pedas

Biji Adas  sebutan untuk kaum melayu  :adas, adas pedas

Biji Adas  di  daerah suatera barat  :Adeh, manih

Biji Adas  di daerah manado     : paapang, paampas

Biji Adas  di  Alfuru  : Popoas

Biji Adas  di daerag Gorontalo     : denggu-denggu

Biji Adas  di  daerah Baree   : Papaato (Buol), porotomo

Biji Adas  di   daerah Sangir Talaud/ Sulawesi/ Timurnya Manadao  : kumpasi

Biji Adas  di   daerah Makasar  : Adasa, rempasu

Biji Adas  di  daerah Bugis  : adase

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS Buah adas  : buah masak mengandung bau aromatik, rasa sedikit manis, pedas, hangat, masuk meridian hati, ginjal, limpa, dan lambung. Daun : berbau aromatik Minyak dari buah : minyak adas (fennel oil).

KANDUNGAN KIMIA adas : Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, mengandung 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).

 

Adas Pulosari/ adas Pulowaras/  Adas Pulo Sari
Adas pulosari merupakan istilah dua tanaman yang dijadikan satu. Pulosari merupakan rempah tersendiri yang biasanya merupakan jodoh rempah adas. Biasanya adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari.

Jadi adas dan pulosari adalah dua rempah yang berbeda.

Adas Manis

Rempah adas mengandung komponen-komponen yang mirip akar manis, adas  memang terasa manis dan memiliki wangi yang khas, biasa digunakan untuk membuat camilan yang tinggi kadar gula. Sehingga banyak orang yang menyebutkan bahwa rempah ini disertakan kata sifat rempah, yaitu adas manis.

Buah Adas
Buah adas masak berbau aromatik, rasa sedikit manis, pedas, sifatnya hangat, masuk meridian hati, ginjal, limpa, dan lambung. Buah Adas Berkhasiat menghilangkan dingin, antiradang, antispasmodik, penghilang nyeri (analgesik), melancarkan “chi”, peluruh kencing (diuretik ringan), menormalkan fungsi lambung, antibakteri, meningkatkan napsu makan (stomakik), peluruh dahak, peluruh kentut (karminatif), dan merangsang produksi ASI (laktagoga). Selain itu Buah adas yang diproses dengan garam berkhasiat menghangatkan ginjal, mengusir dingin dari dalam dan meredakan nyeri. Hal yang lain terkandung dalam buah adas matang adalah : – mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, mengandung 50-60% anetol, lebih kurang 2o% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Adas juga sumber vitamin A, kalsium, fosfor, dais kalium. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas, berkhasiat karminatif, dan antispasmodik.

 

Minyak Adas

Adas menghasilkan minyak adas, yang merupakan hasil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering.

Ada dua macam minyak adas, manis dan pahit. Keduanya digunakan dalam industri obat-obatan. Minyak adas yang diakandung bijinya menjadi salah satu komponen bahan minyak telon.   Khasiat sulingan dari buah adas yang mengasilkan minyak adas . Banyak sekali manfaat minyak adas  salah satunya adalah jika dioleskan dapat mengobati masuk angin .

 

Tanaman Adas

Adas merupakan satu dari sembilan tumbuhan obat yang dianggap berrnukjizat di Anglo-Saxon.
Di Indonesia telah dibudidayakan dan kadang sebagai tanaman bumbu atau tanaman obat. Tumbuhan ini dapat hidup dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m di atas permukaan laut, namun akan tumbuh lebih baik pada dataran tinggi. Asalnya dari Eropa Selatan dan Asia, dan karena manfaatnya kemudian banyak ditanam di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang. Terna berumur panjang, tinggi 50 cm – 2 m, tumbuh merumpun.

Satu rumpun biasanya terdiri dari 3 – 5 batang. Batang hijau kebiru- biruan, beralur, beruas, berlubang, bila memar baunya wangi. Letak daun berseling, majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk jarum, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, berseludang warna putih, seludang berselaput dengan bagian atasnya berbentuk topi.

Perbungaan tersusun sebagai bunga payung majemuk dengan 6 – 40 gagang bunga, panjang ibu gagang bunga 5 – 1 0 em, panj’ ang gagang bunga 2 – 5 mm, mahkota berwarna kuning, keluar dari ujung batang. Buah lonjong, berusuk, panjang 6 – 10 mm, lebar 3 – 4 mm, masih muda hijau setelah tua cokelat agak hijau atau cokelat agak kuning sampai sepenuhnya cokelat.

Namun, warna buahnya ini berbeda-beda tergantung negara asalnya. Buah masak mempunyai bau khas aromatik, bila dicicipi rasanya relatif seperti kamfer

Manfaat Adas / Khasiat Adas

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian mengenai Adas :
Komponen aktifnya, anisaldehida, meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan.
1. Meningkatkan peristaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus).
2. Menghilangkan dingin dan dahak.
3. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang napsu makan.
4. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, diternukan bahwa adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal.
5. Pada percobaan binatang, ekstrak dari rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah. Namun, pengolahan cara lain tidak menunjukkan khasiat ini.

 

Nama Istilah Biji Adas di berbagai negara

Biji Adas  di  Negara Cina  : Hasio hui

Biji Adas  di   Thailand  :  phong karee, mellet karee

Biji Adas  di   Malaysia :  Jintan Manis

Biji Adas  di  Negara India, pakistan   :  barisaunf, madhurika

Biji Adas  dalam bahasa inggris : Fennel, commaon fennel, sweet fennel, fenkel, spigel

 

Gambar Adas <—– Klik

Khasiat Buah Adas/ adas manis/ Adas pedas/ Rempah adas/ tanaman adas/ Jintan/ Jintan Manis / adhas <—– Klik

Artikel terkait

Maaf, komen kami tutup

silahkan klik untuk Kontak Kami atau Konsultasi Online