Lemah Jantung

Dalam kedokteran, istilah lemah jantung tidak ada, mereka hanya mengenal fungsi jantung yang tidak optimal. Pada dasarnya jantung sebagai suatu alat pompa dalam tubuh kita yang berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung keseluruh tubuh, dan menerima darah dari seluruh tubuh untuk ditampung kmbali. Jantung juga bekerja sama dengan paru-paru  mengatur pertukaran gas dalam tubuh.
Kemampuan jantung seseorang ini yang biasanya menurun, inilah yang dikatakan lemah jantung.
Jantung mempunyai otot khusus. Kemampuan otot ini sangat tergantung dari tekanan darah yang ada di tubuh kita. Jika tekanan darah kita tinggi, maka kerja otot akan semakin besar. Proses kerja otot jantung semakin besar, kemampuannya untuk memompa akan lebih menurun. Untuk itu kenapa kita mencegah agar tidak terjadi tekanan darah tinggi, karena lama2 dapat membuat jantung kita lemah (salah satu dari banyak akibat jika tekanan darah tinggi).

Hipertensi akan mengubah struktur/morfologi otot jantung dan berangsur-angsur akan mengurangi kemampuan elastisitasnya. Tekanan akhir relaksasi jantung turut meningkat, sehingga menyulitkan arus balik dari paru-paru memasuki serambi kiri jantung. Cairan di paru-paru akan mudah merembes ke kantong-kantong udara, sehingga timbul sesak napas. Sehingga, paru-paru turut menjadi rentan terhadap peningkatan tekanan darah (diastolik) di jantung. Dalam keadaan seperti ini, bila tekanan darah tiba-tiba melonjak tinggi, dapat terjadi suatu masalah jantung dan paru-paru akibat perembesan cairan dalam jumlah besar dan meluas ke hampir seluruh kantong-kantong udara dalam paru-paru.

 

Lihat Gejala Lemah Jantung

Artikel terkait

Maaf, komen kami tutup

silahkan klik untuk Kontak Kami atau Konsultasi Online